>Sejarah Kota BogorBogor


>Sumber : http://www.bogoronline.com/index.php?ar_id=3&catid=2
Maret 2008————————————————————————————-
selain berarti tunggul kawung, juga berarti daging pohon kawung yang biasa dijadikan sagu (di daerah Bekasi). Dalam bahasa Jawa “Bogor” berati pohon kawung dan kata kerja “dibogor” berarti disadap. Dalam bahasa Jawa Kuno, “pabogoran” berarti kebun kaeung. Dalam bahasa Sunda umum, menurut Coolsma, ?L “Bogor” berarti “droogetapte kawoeng” (pohon enau yang telah habis disadap) atau “bladerlooze en taklooze boom” (pohon yang tak berdaun dan tak bercabang). Jadi sama dengan pengertian kata “pugur” atau “pogor”. Akan tetapi dalam bahasa Sunda “muguran dengan “mogoran” berbeda arti. Yang pertama dikenakan kepada pohon yang mulai berjatuhan daunnya karena menua, yang kedua berarti bermalam di rumah wanita dalam makna yang kurang susila. Pendapat desas-desus bahwa Bogor itu berarti “pamogoran” bisa dianggap terlalu iseng.
Istana Bogor 1925
Setelah sekian lama hilang dari percaturan historis yang berarti kurang lebih selama satu abad sejak 1579, kota yang pernah berpenghuni 50.000 jiwa itu menggeliat kembali menunjukkan ciri-ciri kehidupan. Reruntuhan kehidupannya mulai tumbuh kembali berkat ekspedisi yang berturut-turut dilakukan oleh Scipio pada tahun 1687, Adolf Winkler tahun 1690 dan Abraham van Riebeeck tahun 1704, 1704 dan 1709. Dalam memanfaatkan wilayah yang dikuasainya, VOC perlu mengenal suatu wilayah tersebut terlebih dahulu. Untuk meneliti wilayah dimaksud, dilakukan ekspedisi pada tahun 1687 yang dipimpin Sersan Scipio dibantu oleh Letnan Patinggi dan Letnan Tanujiwa, seorang sunda terah Sumedang.
Dari ekspedisi tersebut serta ekspedisi lainnya, tidak ditemukannya pemukiman di bekas ibukota kerajaan, kecuali di beberapa tempat, seperti Cikeas, Citeureup, Kedung Halang dan Parung Angsana. Pada tahun 1687 juga, Tanujiwa yang mendapat perintah dari Camphuijs untuk membuka hutan Pajajaran, akhirnya berhasil mendirikan sebuah perkampungan di Parung Angsana yang kemudian diberi nama Kampung Baru. Tempat inilah yang selanjutnya menjadi cikal bakal tempat kelahiran Kabupaten Bogor yang didirikan kemudian. Kampung-kampung lain yang didirikan oleh Tanujiwa bersama anggota pasukannya adalah: Parakan Panjang, Parung Kujang, Panaragan, Bantar Jati, Sempur, Baranang Siang, Parung Banteng dan Cimahpar. Dengan adanya Kampung Baru menjadi semacam Pusat Pemerintahan bagi kampung-kampung lainnya.
Dokumen tanggal 7 November 1701 menyebut Tanujiwa sebagai Kepala Kampung Baru dan kampung-kampung lain yang terletak di sebelah hulu Ciliwung, De Haan memulaidaftar bupati-bupati Kampung Baru atau Buitenzorg dari tokoh Tanujiwa (1689-1705), walaupun secara resmi penggabungan distrik-distrik baru terjadi pada tahun 1745.
Pada tahun 1745 Bogor ditetapkan Sebagai Kota Buitenzorg yg artinya kota tanpa kesibukan dengan sembilan buah kampung digabungkan menjadi satu pemerintahan dibawah Kepala Kampung Baru yang diberi gelar Demang, daerah tersebut disebut Regentschap Kampung Baru yang kemudian menjadi Regentschap Buitenzorg. Sewaktu masa pemerintahan Gubernur Jenderal Baron van Imhoff (1740) dibangunlah tempat peristirahatan, pada lokasi Istana Bogor sekarang yang diberi nama Buitenzorg.

Gedung Kejaksaan Tahun 1875
Pada tahun 1752 tersebut, di Kota Bogor belum ada orang asing, kecuali Belanda. Kebun Raya sendiri baru didirikan tahun 1817. Letak Kampung Bogor yang awal itu di dalam Kebun Raya ada pada lokasi tanaman kaktus. Pasar yang didirikan pada lokasi kampung tersebut oleh penduduk disebut Pasar Bogor (sampai sekarang) Pada tahun 1808, Bogor diresmikan sebagai pusatkedudukan dan kediaman Resmi Gubernur Jenderal. Tahun 1904 dengan keputusan Gubernur Jendral Van Nederland Indie Nomor 4 tahun 1904 Hoofplaats Buitenzorg mencantumkan luas wilayah 1.205 yang terdiri dari 2 Kecamatan & 7 Desa, diproyeksikan untuk 30.000 Jiwa .
Pada tahun 1905 Buitenzorg diubah menjadi GEMMENTE berdasarkan Staatblad 1926 yg kemudian disempurnakan dengan Staatblad 1926 Nomor 328.
Tahun 1924 dengan keputusan Gubernur Jendral Van Nederland Indie Nomor 289 tahun 1924 ditambah dengan desa Bantar jati adn desa Tegal Lega seluas 951 ha, sehingga mencapai luas 2.156 ha, diproyeksikan untuk 50.000 Jiwa.
Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1941, Buitenzorg secara resmi lepas dari Batavia dan mendapat otonominya sendiri.Keputusan dari gubernur Jendral Belanda di Hindia Belanda No. 11 tahun 1866, No. 208 tahun 1905 dan No. 289 tahun 1924 menyebutkan bahwa wilayah Bogor pada waktu itu seluas 22 Km persegi, terdiri dari 2 sub distrik dan 7 desa.
Berdasarkan UU No. 16 tahun 1950 Kota Bogor ditetapkan menjadi Kota besar dan Kota Praja yang terbagi dalam 2 wilayah Kecamatan & 16 lingkungan.tahun 1981 Jml. Kelurahan menjadi 22 Kelurahan, 5 kecamatan & 1 Perwakilan kecamatan.
Terakhir berdasarkan PP.No. 44/ 1992 Perwakilan Kecamatan Tanah Sareal ditingkatkan statusnya menjadi Kecamatan, Kini terdapat 6 Kecamatan dan 68 Kelurahan.
Ditengah ? tengah kota terdapat ?Kebun Raya Bogor? yang dibangun sejak Tahun 1817 oleh seorang ahli botani yaitu Prof.Dr.RC.Reinwardth dengan luas 87 Ha dan terdapat ? 20.000 jenis tanaman yang tergolong dalan 6000 Species dan merupakan Kebun Raya terbesar di Asia Tenggara.
(Sumber : Forum Warga Bogor)

Iklan

>Asiabersama.com


>Asiabersama.com merupakan program yang mempunyai slogan dari kita,
oleh kita dan untuk kita. Program ini meminta anggotanya untuk
menyetorkan Rp 20ribu ke 4 orang Uplinenya, jadi total pembayaran oleh
member sebesar Rp 80ribu.

Program ini mengharuskan member untuk mencari member. Jika seorang
member tidak mencari member baru, maka dia tidak akan mendapat
keuntungan apa-apa, yang ada hanya rugi uang dan waktu. Rugi uang
sebesar Rp 80ribu ditambah biaya operasional seperti internet,dll.
Rugi waktu karena mempromosikan program ini tapi tidak ada yang
ikutan.

Program semacam ini memang sedang marak terutama di Indonesia. Jadi
berhati-hatilah!

Bagaimana dengan orang-orang yang berhasil dalam program ini?
Member yang berhasil di program seperti ini memang ada beberapa. Tapi
perlu diperhatikan, mereka mendapatkan uang dari member dibawahnya.
Dapat dipastikan ada member dibawahnya yang tidak dapat mendapat
member baru yang pasti dirugikan. Meskipun member yang dirugikan itu
berada 20level dibawah member untung, itu disebabkan oleh member dari
member yang untung. Apakah uang yang didapat itu halal? Jawabannya
bisa Anda cari sendiri!! Kalau saya berpendapat itu haram Karena
didapat dari hasil merugikan orang lain, yaitu member-member yang
tidak dapat mencari Downline. Mau makan uang haram?

Program seperti ini adalah program money game atau bisa disebut arisan
berantai. Tapi banyak yang menamakan MLM. Wah.. Beda banget tuh sama
MLM.

Saya ambil contoh MLM Oriflame dan Sophie Martin. Member dari
perusahaan tersebut dapat menjual produk dari perusahaan. Kalau
berhasil menjual, member untung dari selisih harga beli dengan harga
jual. Keuntungan itu didapat dari non member. Apakah non member
dirugikan? Tentu saja tidak. Masa beli produk bagus kok dirugikan.
Memang MLM juga menganjurkan kita merekrut member, tapi tanpa merekrut
pun member bisa usaha dan tidak dirugikan.

Yang mau diskusi, mangga isi komentarnya.

>Maen Catur Lawan HaPe


>Dua hari ini saya maen catur lawan HaPe sendiri. Maksudnya saya maen
game catur di hape. Wah… Saya menang terus nih, nggak tahu
aplikasinya yang lemot atau sayanya yang pinter :). Maklum, pernah
jadi juara 1 lomba catur tingkat RT 🙂 *bangga*

Sejujurnya saya set levelnya yang paling mudah, jadi menang mulu :).
Tapi sedikit demi sedikit saya naekin levelnya ke level advance, eh
masih juga menang… Hehehe. Emang dasarnya saya tuh pinter kali ya…
🙂 Ntar siang saya mau maen catur lagi dengan level paling tinggi,
expert. Pasti seru banget nih soalnya strategi lawan semakin bagus.

Aplikasi catur itu saya dapat gratis dari http://waptrick.com, nama
gamenya kasparov chess (mungkin ejaan saya salah). Kalo nggak ketemu,
cari aja di menu game jenis pikiran. Cari halaman demi halaman.

MOHON DIPERHATIKAN! Waptrick adalah situs download berbagai jenis
konten ponsel. Semuanya di download secara gratis. Namun Waptrick ini
disponsori oleh beberapa CP. Jadi hati-hati ketika memilih menu,
karena kalo kita sudah klik menu sponsor, maka berarti kita akan
membayar. Bila kita diminta memasukkan nomor handphone, berarti itu
sudah masuk link sponsor. Jangan berikan nomor hp karena kalo kita
berikan berarti kita setuju untuk membeli produk mereka. Bisa-bisa
pulsa kita kesedot oleh CP itu. Tapi kalo kita nggak klik link
sponsor, semua game, thema dan ringtone dari Waptrick gratis. Kita
hanya membayar biaya GPRSnya saja.

>Yahoo Messenger supermurah


>Chatting emang diminatin banget ama banyak orang. Ini nggak lepas
dari manfaat en kemudahan makenya.

Anda tahu kan Yahoo Messenger? Itu tuh…. fasilitas chatting dari
Yahoo. Anda bisa ngobrol sama relasi Anda sepuasnya baik itu pake
teks, pake suara, bahkan bisa pake video call.

Semua orang bisa ngegunain Yahoo Messenger kapan aja en dimana aja.
Bahkan tanpa komputer pun kita bisa nikmatin layanan dari Yahoo via
ponsel.

Banyak aplikasi YM (Yahoo Messenger) yang bisa di download gratis ke
ponsel kita. Tapi nggak semuanya efektif loch! Banyak aplikasi YM yang
real time tapi boros ama transfer datanya, akibatnya pulsa kita juga
banyak kesedot. Ada juga yang lebih hemat tapi nggak real time.

Saya udah nyoba banyak aplikasi YM dari berbagai sumber di internet,
dan akhirnya menemukan aplikasi YM yang paling murah.

Aplikasi itu namanya YM Tiny, bisa di download di http://getjar.com
atau via hp di http://wap.getjar.com. Silakan cari menu search lalu
masukkan keyword "YMTiny" tanpa tanda petik. Ukuran aplikasi ini
160kB.

Aplikasi ini sangat efisien. Saya chatting selama 1 Jam lebih cuma
abis pulsa Rp 95,- pake kartu im3. Lumayan daripada di warnet Rp
2.500,- per jam.

Tiada gading yang tak retak, begitu pula sama aplikasi ini. Dibalik
kecepatan dan keefisienannya, aplikasi ini nggak dijejalin fitur yang
maksimal. Nggak ada chat room, tempat kita nyari kenalan. Juga nggak
ada fasilitas add friends, jadi cuma temen-temen yang terdaftar yang
ada di list aplikasi ini. Tapi meski nggak ada di list, kita bisa
kirim IM ke semua ID Yahoo asalkan kita tahu pemilik ID yang
bersangkutan, menunya IM Other…

Oke deh, segitu aja info dari saya. Met mencoba…

http://ariefhidayatulloh.blogspot.com

Arief Hidayatulloh
Leuwiliang-Bogor

>Hati-Hati dengan M3-Access *123#


>Hari ini temen saya yang namanya Adonk nerima sms dari chat n date,
lumayan pulsanya kepotong 2 kali coz dapet 2 sms.
Dia nanya sama saya kenapa bisa gitu padahal dia nggak pernah ikutan.
Dia juga nanya cara berhentinya.

Saya jawab kalo buat berhenti hubungi aja operator im3 100.

Tentang pendaftaran chat n date, kemungkinan besar dari menu *123# dan
ternyata betul, Adonk daftar di situ, dikiranya komunitas biasa, di
malah bayar.
Buat temen-temen yang demen bereksplorasi, hati-hati deh…. Jangan
asal coba, perhatikan dulu baik-baik. Contohnya menu indosat yang satu
ini, banyak yang coba-coba layanan yang ditawarkan, dan kebanyakan
berbayar dan memotong pulsa. Saya sendiri pernah mengalami itu, pulsa
saya kepotong gara-gara sebuah sms berita ekonomi yang nggak penting
menurut saya….
Be Careful…


<iframe frameborder="0"
src="http://kumpulblogger.com/machor.php?b=692" width="100%"
height="200px" marginwidth=0 marginheight=0 >
</iframe>