STOP Saling Ejek Antar Agama


Saya melihat sebuah situs yang sangat menjelek-jelekkan Islam. Saya lihat mereka mengeluarkan argumen dan ejekan yang menjelek-jelekkan Islam bahkan memotong ayat dan menggunakan ayat itu sebagai argumen dan bahan olok-olok. Semakin saya baca argumennya, justru saya semakin percaya bahwa Islam adalah jalan yang lurus dan mereka hanya sekumpulan orang yang benci buta, dan saya rasa mereka pun jauh dari agama mereka. Mereka menghina Islam hanya berdasarkan nafsu, bukan berdasarkan keinginan menyelamatkan hidup orang lain. Mereka hanya bisa mencaci, padahal dalam agama mereka sangat dipentingkan saling mengasihi.

Setiap orang diberi akal pikiran oleh Allah, setiap orang mempunyai hak untuk memilih jalannya masing-masing. Saya tidak akan membenci orang yang memilih jalan yang berbeda dengan jalan saya. Saya percaya Hidayah itu datangnya dari Allah. Saya percaya agama Islamlah satu-satunya agama yang benar. Kalau ada teman saya yang percaya bahwa agama dialah satu-satunya yang benar, saya akan menghormatinya dan saya tidak akan mengejek agama dia. Saya percaya setiap orang punya pilihan hidup dan pilihan masing-masing.

Islam sangat toleran terhadap agama lain. Tidak ada paksaan dalam agama, tidak boleh saya sebagai umat Islam mengejek agama lain. Saya memiliki beberapa teman yang non-Islam, saya sangat menyayangi mereka seperti menyayangi teman-teman saya yang muslim. Saya tidak pernah mengejek mereka dan mereka pun tidak pernah mengejek saya, bahkan mereka sering mengingatkan untuk sholat, saya sangat menghargai itu. Saya juga tidak membeda-bedakan sikap hanya karena berbeda agama.

Jika setiap orang memaksakan untuk ikut agamanya, atau melarang ikut agama tertentu, maka yang ada hanyalah konflik karena manusia memang berbeda satu sama lain. Jangankan konflik antar agama, dalam satu agama pun kita lihat banyak terjadi konflik. Jangan dipaksakan yang ini yang benar dan yang itu yang salah, karena setiap orang memiliki pilihan hidup masing-masing. Tak boleh kita saling mengejek dan saling membenci. Kita harus saling menghargai, karena setiap orang punya pilihan hidup masing-masing dan dalam hal agama, itu adalah Hak Asasi Manusia, hak yang telah disepakati harus dipenuhi untuk semua orang. Islam pun melarang pemaksaan dalam agama, jadi saya punya keyakinan hak beragama haruslah ditegakkan.

Indonesia dahulu terkenal orangnya ramah, murah senyum, dan berbagai sikap baik lainnya. Mengapa kini Indonesia tidak terlihat baik lagi? Ini karena hilangnya rasa persaudaraan diantara kita. Ingatlah semboyan negara kita “Bhinneke Tunggal Ika”, meski berbeda tetap satu jua. Indonesia merupakan negara yang rakyatnya sangat beragam, kalau setiap orang mementingkan kepercayaannya sendiri-sendiri tanpa menghargai orang lain, maka yang terjadi adalah konflik dan kebencian.

Sudahlah, biarkan setiap orang menjalankan agama dan kepercayaannya, tidak perlu ada saling ejek dan saling memojokkan, karena kalaupun salah satu pihak melakukannya, pihak lain tidak akan mudah berpindah ke agamanya, justru dengan olok-olokan dan ejekan itu yang ada pihak yang dirugikan akan membalas dan membenci agama orang yang menghina itu secara keseluruhan. Jangan sampai saudara-saudara kita yang satu iman menjadi korban kebencian orang lain disebabkan oleh penghinaan kita terhadap satu agama.

Ketika saya membaca argumen yang menjelek-jelekkan Islam, jujur saya kesal dan saya benci terhadap orang tersebut, hanya terhadap orang tersebut, bukan terhadap Agamanya. Karenanya, meskipun dia beragama A, saya tidak akan membenci teman2 saya yang beragama A, karena saya yakin orang tersebut menjelek-jelekkan Islam hanya karena nafsu dan kebenciannya sendiri saja, atau jangan-jangan dia melakukannya justru untuk menghina agamanya tertentu?

Tidak ada maksud memojokkan salah satu SARA dalam artikel ini, saya hanya ingin agar kita menjadi bangsa yang saling menghargai antar sesama. Saya ingin hidup kita, khususnya di Indonesia menjadi tentram dan damai dengan saling menghargai. Saya menghimbau kepada setiap orang yang merasa agamanya diejek oleh pihak-pihak tertentu untuk tidak membalas secara frontal kepada Agama yang dibawanya, karena itu hanya akan memperkeruh suasana. Tingkatkanlah rasa toleransi kita supaya tidak ada lagi konflik antar agama demi kedamaian kita bersama. Janganlah kita mau diadu domba.

Perihal arief
Seorang Ilkomerz 45 IPB.... Seorang yang memiliki mimpi yang besar.... untuk membahagiakan keluarga, sahabat, dan...

2 Responses to STOP Saling Ejek Antar Agama

  1. nazar mengatakan:

    Saya minta ijin untuk menyebarkannya..

    • arief mengatakan:

      Silakan🙂

Tinggalkan Balasan

