Menampilkan Tanggal Dari Database


MySQL memiliki fitur untuk menyimpan tanggal. Format dari tanggal MySQL adalah YYYY-MM-DD, jadi kalo tanggal 25 Januari 2010 akan dituliskan sebagai 2010-01-25. Tampilan dengan format 2010-01-25 agak sulit, bahkan mungkin sangat sulit dibaca oleh kebanyakan orang. Saya menemukan kasus ini sejak pertama kali ngoding php, dan baru mengimplementasikan fungsinya sekarang, di semester 6 dalam rangka ngoding projek Sistem Informasi yang berjudul Sipandu (Sistem Informasi Posyandu).

Baik, ini studi kasusnya, saya memiliki tabel “bayi” yang mempunyai atribut id, nama, jenis kelamin, alamat dan tgl_lahir. Saya hendak menampilkan data bayi di halaman depan. Untuk menampilkannya, saya menggunakan biodata_anak.php?id=<id bayi>. Kita asumsikan bayi yang ingin kita lihat memiliki id 1.

Dari biodata_anak.php?id=1, saya akan mengambil id bayi untuk dimasukan ke variabel.

$id_bayi = $_GET['id']

Selanjutnya saya akan mengambil data dari database.

$bayi = $queri = mysql_fetch_array(mysql_query("SELECT * FROM bayi WHERE id=$id_bayi"));

Nah, sekarang kalo saya mau menampilkan nama, cukup menggunakan

echo $bayi['nama'];
echo "<br />";
echo $bayi['tgl_lahir'];

Untuk tampilan nama cukup baik karena jelas, namun untuk tampilan tanggal kurang bagus karena masih dengan format YYYY-MM-DD. Untuk menampilkannya ke format indonesia, saya membuat fungsi from_date sebagai berikut:

function from_date($date)
{
 $data = explode("-", $date);
 $bulan = array(
 "error",
 "Januari",
 "Februari",
 "Maret",
 "April",
 "Mei",
 "Juni",
 "Juli",
 "Agustus",
 "September",
 "Oktober",
 "November",
 "Desember"
 );
 return $data[2] . " " . $bulan[intval($data[1])] . " " . $data[0];
}

Dari fungsi itu, cukup memanggil fungsi from_date untuk menampilkan data tanggal lahir ke format kita. Contoh pemanggilan:

$tanggal_lahir = from_date['bayi'];
echo $tanggal_lahir;

Sekian dulu contoh koding SiPandu.

Perihal arief
Seorang Ilkomerz 45 IPB.... Seorang yang memiliki mimpi yang besar.... untuk membahagiakan keluarga, sahabat, dan...

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

